Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian memiliki Satuan Kerja berupa Politeknik, Akademi Komunitas, SMK, hingga Balai Diklat Industri. Satuan-satuan Kerja tersebut bersinggungan langsung dengan masyarakat dan stakeholder, sehingga Satuan Kerja BPSDMI seyogyanya memiliki pelayanan yang prima dan memuaskan.
Dalam rangka mendorong penyajian pelayanan prima, BPSDMI Kementerian Perindustrian melakukan pembekalan bagi aparatur dalam lingkup satuan kerja BPSDMI melalui kegiatan Seminar Pelayanan Publik Prima dan Kehumasan. Kegiatan ini dilaksanakan pada 23-24 Juni 2022 bertempat di Gedung Pascasarjana Politeknik STTT Bandung.
Adapun peserta kegiatan adalah Pranata Humas dan aparatur yang bertugas di bidang pelayanan publik atau kehumasan pada 10 Politeknik, 2 Akademi Komunitas, 9 SMK-SMTI/SMAK, dan 7 Balai Diklat Industri Kementerian Perindustrian.
Pada hari pertama, Ibu Divdeni Syafri selaku founder Value Consult Training memberikan materi pelatihan terkait Service Excellent. Ibu Divdeni membekali peserta tentang standar pelayanan prima, service personality, mengenali karakter pelanggan, hingga bagaimana menghadapi berbagai jenis keluhan. Bukan hanya memberikan materi, kegiatan juga dilaksanakan secara interaktif melalui Focus Group Discussion (FGD) dan simulasi.
Pada hari kedua, Bapak Ilhamullah selaku Koordinator Strategi Komunikasi dan Monitoring Media Biro Humas memberikan materi terkait kehumasan di lingkungan Kementerian Perindustrian. Hadir pula Ibu Hakiki Nurmajesty dan Ibu Susanti Utami dari Biro Humas yang memberikan presentasi terkait media monitoring hingga pengelolaan media sosial yang efektif. Pada salah satu sesi kegiatan, peserta melakukan brainstorming terkait konten berita yang menarik sesuai dengan kelompok unit satuan kerja.
“Kegiatan ini bertujuan untuk menempa aparatur di bidang pelayanan publik dan kehumasan dalam memberikan pelayanan prima yang dapat memuaskan penerima layanan melampaui ekspektasi. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi dan saling berbagi pengetahuan serta wawasan,” ungkap Achmad Zainoedien, Subkoordinator Pelayanan Publik BPSDMI.
Diharapkan melalui seminar ini, aparatur di lingkungan BPSDMI dapat menyajikan layanan publik yang prima dan mengaplikasikan ilmu yang didapat di Satuan Kerja masing-masing.