Pelatihan Infografis dengan Menggunakan Metode Blended Learning

Seiring dengan perkembangan zaman, infografis memiliki peranan penting dalam menyampaikan suatu informasi dengan lebih mudah dan cepat. Boomingnya sosial media seperti Facebook, Instagram dan Twitter yang menjadi media baru dalam menyampaikan infografis. Kementerian Perindustrian melalui Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan SDM Aparatur telah melaksanakan pelatihan Infografis untuk 40 orang pegawai Kementerian Perindustrian terbagi dalam 2 Batch pelaksanaan.

Metode pelatihan Infografis 2021 ini menggunakan metode blended learning dengan penyempurnaan tahapan yang pernah dijalankan pada tahun 2020. Bekerja sama dengan Castle Production sebagai fasilitator, pelatihan ini terlaksana pada tanggal:

  • Distance Learning: 24 Maret – 1 April 2021
  • Klasikal Batch A: 5 – 7 April 2021
  • Klasikal Batch B: 12 – 14 April 2021

Dibuka oleh Bapak Drs. Dadi Mahardi, M.M. pada tanggal 24 Maret 2021. Peserta pelatihan Infografis sangat antusias untuk mengikuti pelatihan ini. Terlihat dari pendaftar pelatihan ini yang mencapai orang 222 orang.

Pada pelatihan ini peserta diberikan materi tentang Pengenalan Umum Infografis, Ide dan Konsep Infografis, Pengenalan Sofware Desain Infografis, dan Aplikasi Desain Infografis. Pada tahap distance learning pembelajaran dibagi menjadi metode pembelajaran ceramah dan pembimbingan.

Setelah melakukan sesi distance learning, peserta juga mendapatkan pembimbingan klasikal di Gd. BPSDMI Kementerian Perindustrian dengan protokol kesehatan yang ketat. Peserta dapat menanyakan kesulitan pengerjaan infografis yang dialami baik terkait dengan ide maupun teknis aplikasi Adobe Photoshop. Pada akhir pelatihan, peserta membuat  dan mempresentasikan tugas akhir infografis yang terkait dengan pekerjaannya. Acara penutupan pelatihan tahap klasikal batch B dihadiri oleh Kepala Pusbindiklat SDM Aparatur Bapak Drs. Dadi Mahardi, M.M.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *