Bimbingan Teknis Analis Kebijakan di Lingkungan Kemenperin

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian melalui Pusdiklat Industri secara resmi telah melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimbingan Teknis) untuk para pejabat fungsional Analis Kebijakan. Bimbingan Teknis ini diselenggarakan untuk memberikan pengetahuan bagi fungsional analis kebijakan peralihan Pejabat Struktural eselon 3 dan 4 di lingkungan Kementerian Perindustrian. Bimbingan Teknis ini terselenggara atas kerjasama antara Pusdiklat Industri dengan Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Bimbingan Teknis yang terselenggara pada tanggal 17 sampai dengan 19 Februari 2021 tersebut dibuka oleh Kepala BPSDMI, Bapak Ir. Arus Gunawan dan dihadiri oleh Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara Lembaga Administrasi Negara (LAN) Bapak Dr. Tri Widodo W. Utomo, S.H., M.A. Bimbingan Teknis ini diikuti oleh 207 orang peserta dengan rincian 2 orang Analis Kebijakan Ahli Utama, 58 orang Analis Kebijakan Ahli Madya dan 142 orang Analis Kebijakan Ahli Muda, serta 5 orang struktural. Peserta Bimbingan Teknis ini berasal dari beberapa unit kerja Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri, Direktorat Jenderal Industri Agro, Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka, Direktorat Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil, Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Direktorat Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional, dan Sekretariat Jendral.

Materi Bimbingan Teknis Analis Kebijakan meliputi:

  1. Kebijakan Pembinaan Jabatan Fungsional Analis Kebijakan, Standard Kompetensi, Pengembangan Karir dan Pengembangan kompetensi serta Sasaran Kinerja Pegawai.
  2. Kebijakan Penilaian Angka Kredit, Kenaikan Pangkat, Kenaikan Jenjang dan Butir-Butir Kegiatan Jabatan Fungsional Analis Kebijakan.
  3. Pengenalan Jenis-Jenis Karya Tulis Kedinasan.
  4. Simulasi Penyampaian DUPAK dan Alur Pelayanan Daftar Usulan Perhitungan Angka Kredit.
  5. Praktik Penulisan Karya Tulis Kedinasan (Telaahan Staf).

Para pengajar Bimbingan Teknis Analis Kebijakan berasal dari Lembaga Administrasi Negara (LAN). Melihat kondisi penyebaran Covid-19 yang masih cukup tinggi sehingga metode Bimbingan Teknis dilakukan secara distance learning (daring) dengan memanfaatkan aplikasi Zoom untuk ruang meeting online. Bimbingan Teknis ini juga menggunakan Learning Management System http://pusdiklat.kemenperin.go.id/ untuk absensi dan pengumpulan tugas. Peserta Bimbingan Teknis ditugaskan untuk membuat penulisan karya tulis kedinasan berupa Telaahan Staf yang dinilai oleh fasilitator dari LAN. Peserta mendapatkan Sertifikat dari Pusbindiklat SDM Aparatur setelah mengikuti Bimbingan Teknis ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *